Artikel

Kenali 7 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

 

Terik dan panas di siang hari, enaknya minum air kelapa muda nih. Selain nikmat, mudah didapat, dan harganya yang ekonomis, minum air kelapa muda secara rutin ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda yang baik bagi kesehatan tubuh yang telah  dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Dehidrasi
Air kelapa muda sangat cocok diminum saat kita habis mengeluarkan banyak energi, seperti saat setelah berolahraga atau mengerjakan pekerjaan berat. Hal ini dikarenakan kandungan elektrolit dalam air kelapa muda yang memiliki keseimbangan hampir sama dengan darah kita.

2. Menghilangkan racun racun dari dalam tubuh
Air kelapa muda dipercaya dapat menetralisir berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam kelapa muda yang dapat menangkal radikal bebas.

3. Mencegah penuaan kulit
Dilansir dari healthtrends.com, air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel. Hal ini yang menyebabkan air kelapa muda dapat membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, air kelapa muda juga memiliki kandungan kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit.

4. Memperlancar Buang Air Besar
Mengonsumsi air kelapa muda membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air kelapa muda dapat membantu memperlancar kesulitan buang air besar. Karena air kelapa mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk bekerja.

5. Membantu menurunkan berat badan
Air kelapa muda mengandung kadar kalori yang rendah. Selain itu, air kelapa muda dapat menjaga nafsu makan karena karena serat yang tinggi. Sehingga air kelapa muda adalah salah satu jalan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
Dilansir dari vivahealth, Pada tahun 2005 terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang diberikan air kelapa muda selama dua minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71% dan tekanan darah diastolik sebanyak 29% dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa muda memiliki manfaat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

7. Baik untuk ibu hamil atau menyusui
Air kelapa muda juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil atau ibu yang sedang menyuusui. Pasalnya, air kelapa muda mengandung yang juga terdapat dalam ASI (Air Susu Ibu) untuk melawan berbagai penyakit dari jamur, bakteri dan virus.

Join The Discussion