Artikel

Mengenal Sedikit Tentang “Straight News”

Suka membaca atau menonton berita? Atau lebih doyan gosip artis dan lambe turah?

Hahaha, walaupun banyak yang membedakan antara berita dan gosip artis, sebenarnya gosip artis juga termasuk berita kategori hiburan, selama informasi yang dikandung masih berlandaskan fakta.

Mungkin semua sudah tahu yah apa itu berita. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berita adalah segala jenis informasi penting yang berlandaskan fakta.

Walaupun masih jarang ada yang memiliki minat membaca berita, tapi sebenarnya berita itu sangat penting loh. Khususnya di era pandemi seperti sekarang. Ibaratnya, media pemberitaan telah menjadi garda terdepan penyampai informasi di masyarakat.

Meski begitu, masih banyak pula media abal-abal yang memposting berita palsu atau hoaks demi mengejar clikbait semata. Tak heran jika belakangan ini, banyak masyarakat yang mulai meragukan isi berita, terutama berita yang diterbitkan oleh media yang kurang terpercaya.

Bicara tentang berita, maka kita tidak boleh melewatkan untuk membahas tentang straight news. Hmm.. sudah pada tau belum apa itu straight news?

Straight news ini kalau diartikan secara bahasa, berarti berita langsung yah. Sesuai dengan namanya, berita jenis ini akan ditulis secara singkat, lugas, langsung dan apa adanya.

Selain straight news, sebenarnya masih ada beberapa jenis berita yang digunakan dalam dunia jurnalistik, salah satu diantaranya ialah feature news. Namun, kebanyakan berita yang sering dipublikasikan oleh media pers adalah jenis berita straight news ini.

Jadi, kenapa harus straight news? Karena straight news berisi berita aktual yang sifatnya perlu untuk segera diketahui oleh pembaca. Tak heran jika teknik menulis straight news ini adalah sebuah keahlian dasar yang pasti diketahui oleh seluruh reporter.

Dengan adanya media online seperti sekarang ini, jumlah berita jenis straight news semakin berlipat ganda. Media berlomba-lomba menjadi yang tercepat untuk menyampaikan informasi teraktual untuk pembaca.

Straight news dituntut untuk memenuhi minimal kriteria. Yaitu kecepatan, kelengkapan dan keakuratan.

Pertama adalah kecepatan. Yah, sesuai dengan sifat straight news yang harus aktual, penerbitan berita straight juga harus dilakukan secepat mungkin. Karena apabila penerbitannya memakan waktu yang terlalu lama, maka berita tersebut sudah dianggap kehilangan value nya.

Yang kedua adalah kelengkapan. Straight news yang baik minimal harus memenuhhi unsur 5W + 1H, yaitu What, Who, When, Where, Why dan How. Walaupun dituntut dalam kecepatan penerbitannya, tapi jangan sampai informasi yang disampaikan dalam berita tersebut belum lengkap.

Dan yang ketiga adalah akurasi. Jangan sampai karena mengejar kedua tuntutan sebelumnya, malah melewatkan keakuratan informasi dalam berita. Ingat, apabila informasi yang disampaikan tidak akurat, artinya berita tersebut tidak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Jenis berita straight secara garis besar memiliki dua klasifikasi. Ada yang disebut Hard News atau berita keras, dan Soft news atau berita ringan.

Hard news ini lebih dicari oleh masyarakat, karena menyangkut kepentingan banyak orang. Dibandingkan dengan soft news, hard news harus dipublikasikan sesegara mungkin saat kejadian berlangsung karena sifatnya benar-banar harus diketahui saat itu juga oleh masyarakat. Makanya hard news sering pula disebut sebagai Report news. Contohnya seperti berita kegiatan pemerintah, politik, bencana, perang, terorisme, kriminal, dan lain-lain.

Sedangkan soft news adalah berita-berita yang umumnya menyangkut kemanusiaan dan memiliki sudut pandang yang menarik bagi masyarakat. Hard news dan soft news sama-sama berita yang berisi informasi penting bagi masyarakat. Namun bisa dibilang, hard news memiliki nilai berita diatas soft news. Contoh soft news seperti berita yang menyangkut keanehan, wisata, kuliner, kisah jenaka, dan lain-lain.

Yah itulah sedikit pengenalan terkait straight news. Walaupun dengan penjelasan yang singkat ini, saya harap agar teman-teman lebih meningkatkan minat untuk membaca dan menonton berita, serta selalu selektif dalam membaca berita yang ada.

Join The Discussion