Artikel

Nikmatnya Pallubasa, Kuliner Khas Makassar

Ada yang pernah makan pallubasa?

Buat yang belum tau, Pallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Selain pallubasa, Makassar juga identik dengan kuliner legendaris, Coto Makassar.

Banyak orang yang mengira makanan pallubasa dan coto itu sama. Padahal pallubasa dan coto merupakan dua makanan yang berbeda.

Walaupun terlihat mirip, kalau kalian mencicipi kedua makanan ini, rasanya itu sangat lain. Keduanya sama-sama nikmat, tapi memiliki poin rasa tersendiri hehe.

Seperti coto, pallubasa juga terbuat dari daging sapi. Proses memasaknya memang hampir sama. Daging akan dimasak dalam waktu yang sangat lama hingga teksturnya sangat lunak. Setelah matang, daging akan diiris dadu kecil, kemudian dihidangkan di mangkuk dalam keadaan panas.

Yang menjadi pembeda antara pallubasa dan coto adalah tekstur daging pallubasa yang lebih lembek karena proses memakasanya lebih lama. Saat memakan coto, kalian akan merasakan tekstur daging yang kenyal, sedangkan tekstur daging pallubasa jauh lebih empuk.

Kemudian, pallubasa akan diberikan pelengkap berupa seledri, bawang goreng, dan kelapa goreng. Inilah alasan kenapa rasa pallubasa jauh lebih gurih dibanding coto yang disajikan tanpa kelapa goreng.

Pallubasa ini bukan disantap bersama ketupat. Pallubasa lebih sering disajikan bersama nasi putih panas.

Dikutip dari wikipedia, Dahulu, Pallubasa dengan daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan, sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Sekarang ini, penjual-penjual Pallubasa memberikan bermacam-macam pilihan daging sapi atau jeroan untuk dihidangkan. Mulai dari daging, hati, jantung, pipi, lidah, paru, dll. Bagian favorit kalian yang mana?

Tambahan lain yang membuat pallubasa lebih spesial adalah dengan ditambahkan-nya telur ayam yang dimasak setengah matang. Mantap banget kan haha.

Kalau kalian mau mencoba membuat pallubasa sendiri, bisa kok. Memang proses memasaknya agak lama, tapi mekanismenya tidak sesulit yanng kalian bayangkan.

Berikut ini adalah tips memasak pallubasa yang dikutip dari laman resepkoki.id

1. Rebus daging sapi hingga empuk. Angkat dan dinginkan, lalu potong-potong kotak. Sisihkan 600 ml air sisa rebusan daging sebagai kaldu sapi.

2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama dengan gula merah, serai, lengkuas, kayu manis, cengkeh hingga harum dan matang.

3. Tuangkan air kaldu sapi. Aduk rata lalu masak dengan api kecil hingga mendidih.

4. Masukkan air asam, garam, penyedap rasa, dan kelapa sangrai. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Angkat.

5. Siap disajikan.

6. Sedikit tips, Daging bisa dimasak menggunakan panci presto agar lebih cepat empuk, serta Pallubasa biasa disajikan dengan kuning telur ayam mentah.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang makanan nusantara, Pallubasa. Walaupun dewasa ini masayarakat keliatannya jauh lebih tertarik dengan makanan budaya barat, tapi kalian harus ingat kalau Indonesia juga memiliki makanan khas yang gak kalah enaknya sama fast food di luar sana. Jadi bagi yang belum merasakan nikmatnya rasa Pallubasa ini, ayo segera kalian cicipi 🙂

Join The Discussion