Artikel

Sejarah Kimchi, Makanan Khas Dari Korea

Bagi kalian yang suka nonton drama korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, kimchi nampaknya tak pernah absen saat ada adegan tokoh drama yang sedang makan.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang umumnya berbahan dasar sawi putih dan diberikan bumbu dan cabai. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Setiap melihat adegan orang sedang makan kimchi, keliatannya rasanya lahap sekali. Hm.. jadi penasaran pengen cobain juga.

Tapi kali ini, kita bukan mau membahas cara pembuatannya yah. Namun yang akan dibahas kali ini justru sejarah awal mula pembuatan kimchi.

Kalau Indonseia punya rendang, Korea punya kimchi sebagai makanan tradisional yang khas. Kimchi ini adalah salah satu makanan yang sepertinya selalu ada disetiap rumah-rumah di Korea. Bagaimana tidak, di Korea sendiri, kimchi selalu hadir menemani santapan nasi, mie maupun soup.

Menurut sejarah, kimchi telah ada sejak 3000 tahun yang lalu, dimana pada masa itu Negara Korea masih dalam bentuk Dinasti Georyeo (918-1392). Pada masa ini lah macam-macam isian dipakai dalam makanan kimchi seperti tambahan lobak, wortel dan lainnya.

Kimchi dari Korea ini memiliki sejarah yang bermula pada kebutuhan orang – orang zaman itu yang menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini kemudian digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dimakan pada saat musim dingin dan sudah disiapkan dari sejak musim gugur.

Kimchi terus berkembang pada masa dinasti Joseon (1392-1910). Pada masa ini kimchi diolah dengan tambahan saus kedelai dan juga tambahan bumbu yang lain. Pada masa ini juga kimchi mulai beraneka ragam jenis seperti Jjagaji (kimchi dengan pasta kedelai), kimchi berkuah, kimchi yang difermentasi dengan garam dan yang tanpa garam.

Pada awalanya kimchi berwarna hijau karena pada saat itu cabai belum dikenal dikorea. Orang Korea baru mengenal cabai diabad 16 setelah pedagang portugis datang dari Jepang. Tahun 1540 Pedagang Portugis sudah berdagang di Indonesia lalu mereka ke Tiongkok dan baru pada tahun 1549 mereka tiba di Jepang dan Korea.

Dari catatan sejarah, Pada abad ke 17 ternyata ada 11 jenis kimchi yang ditulis, sedangkan kimchi yang sudah mengunakan cabai baru populer bertahun-tahun kemudian.

Wah, ternyata makanan khas yang satu ini usianya jauh lebih tua dibandingkan usia nenek buyut saya haha. Makanan yang satu ini kini tidak hanya populer di Korea saja, kimchi telah bisa ditemukan diseluruh dunia. Bahannya yang mudah, dan rasanya yang unik dengan perpaduan asam, manis dan pedas, memang patut menjadi incaran para pecinta kuliner nih.

Tapi tau tidak, selain rasanya yang enak, alasan kimchi menjadi favorit juga ialah manfaat kesehatan yang diberikan jika sering konsumsi kimchi. Manfaat tersebut antara lain dapat mencegah penuaan, mengatur kolestertol, bersifat antioksidan, bernutrisi tinggi, hingga membantu menurunkan berat badan. Pantas saja makanan ini sangat banyak penggemarnya yah.

Ada satu hal lagi fakta unik dibalik sayuran fermentasi ini. Di Korea, ada sebuat tradisi unik bernama “Kimjang”. Kimjang merupakan hari dimana semua orang Korea akan bersama sama membuat Kimchi dalam jumlah yang besar. Ketika hari Kimjang sudah disepakati bersama oleh orang – orang terdekat seperti keluarga, kerabat dan tetangga, mereka akan berkumpul beramai – ramai di satu tempat untuk membuat Kimchi Korea.

Kimchi saat Kimjang ini dibuat dan diperkirakan supaya mencukupi sampai musim semi tahun berikutnya yang biasa terjadi pada bulan Mei – April. Tradisi Kimjang ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur orang Korea karena telah melalui satu tahun dengan selamat dan siap memulai kehidupan yang baru pada tahun baru nanti.

Nah, itulah beberapa fakta makanan kimchi yang mungkin belum diketahui banyak orang. Jika penasaran dengan makanan ini, kalian bisa mencoba memesan secara online atau datang langsung di rumah makan korea yang ada disekitar kota tempat tinggal kalian.

Salam hangat, sampai jumpa di postingan berikutnya.. karena sedang membahas makanan korea, kali ini saya akan pamit dengan kata “Annyeong”…

Join The Discussion